Sabtu, 05 September 2015

Mengenal San Marino, negara Republik tertua di dunia


https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/1/10/Montale.JPG/

Tahukah kalian apa itu Republik, menurut situs wikipedia.org, Republik adalah sebuah negara di mana tampuk pemerintahan akhirnya bercabang dari rakyat, bukan dari prinsip keturunan bangsawan dan sering dipimpin atau dikepalai oleh seorang presiden. Tetapi tahukah kalian negara Republik tertua manakah, yang masih bertahan ?


Negara tersebut adalah San Marino, sebuah negara kecil yang di kelilingi oleh Italia dengan luas wilayah hanya 61. km2 dan jumlah populais penduduk 32.000 orang Penduduk. Tetapi, walaupun merupakan sebuah negara kecil, San Marino telah berdiri sejak 3 September 301 yang berarti negara ini telah berumur 1714 tahun.

Menurut tradisi, Santo Marinus meninggalkan pulau Rab di Kroasia bersama teman seumur hidupnya Leo dan pergi ke Rimini sebagai tukang batu. Setelah persekusi karena dia mengajar Kristiani, dia lari ke Monte Titano, di mana dia membangun gereja kecil dan mendirikian kota dan negara San Marino.

Marino als steinhauer.png

Pada pertengah abad ke-5, sebuah komunitas dibentuk, karena lokasinya yang sulit dicapai dan kemiskinannya, negara ini berhasil mempertahankan kemerdekaannya walaupun dengan sedikit gangguan. Pada 1631 kemerdekaannya diakui oleh Negara-negara Kepausan.

Pada masa Unifikasi Italia di abad ke-19, San Marino berlaku sebagai tempat pengungsian bagi banyak orang yang dipersekusi karena mendukung unifikasi. Atas bantuan ini, Giuseppe Garibaldi menerima permintaan San Marino untuk tidak disatukan ke dalam negara Italia yang baru. Napoleon menolak merebut negara ini. Dan ketika ditanyakan mengapa, dia berkomentar "Mengapa? Negara ini adalah sebuah model republik!"

Lalu memasuki Era Perang Dunia I Italia mengumumkan perang pada Austria-Hungaria pada 23 Mei 1915. San Marino tetap bersikap netral dan Italia mengambil sikap bermusuhan, menduga San Marino melindungi mata-mata Austria yang dapat diberi akses ke stasiun radiotelegrafnya yang baru. Italia mencoba untuk mendirikan detasemen Carabinieri secara paksa dalam wilayahnya dan kemudian menolak hubungan telepon dengan Republik ketika negara ini tidak setuju.


https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/1/10/Montale.JPG/
Menara Montale 

Pada Perang Dunia II San Marino tetap bersikap netral. Namun pada 26 Juni 1944 negara ini dibom oleh RAF, yang percaya bahwa negara ini diperintah oleh pasukan Jerman dan digunakan untuk menumpuk senjata. Enam puluh orang meninggal dalam operasi tersebut. San Marino menampung ribuan pengungsi yang mencari keamanan ketika pasukan Sekutu melalui Gothic Line.

San Marino juga memiliki konstitusional tertua di dunia dan mulai di berlakukan sejak tahun 1600 (sudah di bahas di atas), jadi kalau kaliam di tanya negara Republik manakah yang paling tua maka jawabannnya adalah San Marino.

Sumber : Wikipedia.org
    ,         Kabardewata.com

0 komentar:

Posting Komentar